Wisata Tanjung Pinang

Liburan Ke Kepulauan Riau, Simak 12 Tempat Wisata Tanjung Pinang Ini!

Posted by

Indonesia bagian barat memiliki keindahan alam yang tiada duanya, salah satunya dapat di temukan di wisata Tanjung Pinang. Ibu kota Kepulauan Riau yang terletak di Pulau Bintan ini akan memanjakan wisatawan yang datang ke sana. Mungkin menurut Anda ada wisata yang bisa di kunjungi untuk berlibur? Padahal, wisata lengkap tersedia di Tanjung Pinang, mulai dari wisata alam, sejarah, religi hingga wisata untuk anak-anak. Berikut rekomendasi Wisata Tanjung Pinang yang wajib di kunjungi.

Rekomendasi Wisata Tanjung Pinang yang wajib di kunjungi :

  1. Pulau Menyengat

Pulau kecil sepanjang 2 kilometer di Tanjung Pinang ini menyimpan peninggalan sejarah kompleks Istana Kerajaan Lingga Riau. Anda bisa mengunjungi benteng, makam kerajaan, sumur air tawar, istana kantor hingga Masjid Agung Sultan Penyengat.

Ada berbagai cerita sejarah yang bisa Anda temukan. Misalnya, di Istana Kantor, Anda dapat mengunjungi tempat di mana pahlawan nasional dan penulis Melayu Raja Ali Haji Gurindam menciptakan Dua Belas, yang berisi pesan nasihat untuk hidup ramah dan memerintah negara.

Di lihat dari sejarahnya, nama Pulau Penyengat berasal dari kisah seorang pelaut yang sedang mencari air tawar di pulau ini, tiba-tiba di kejar oleh seekor keong yang mirip lebah. Anda bisa mengunjungi Pulau Penyengat dengan menggunakan pompom/perahu motor selama kurang lebih 15 menit.

  1. Masjid Agung Sultan Riau

Di Pulau Penyengat, Anda bisa singgah di Masjid Agung Sultan Riau. Berdasarkan sejarah, masjid ini di dirikan pada tanggal 1 Syawal 1249 H (1832) oleh YDMR VII, Raja Abdurrahman (memerintah 1831-1844) sebagai tempat peribadatan umat Islam. Ada yang unik dari pembangunan masjid ini, selain menyediakan tenaga kerja untuk pembangunan masjid, masyarakat setempat juga menyumbangkan telur karena dulu banyak pekerja dari India yang mengatakan bahwa putih telur bisa di gunakan sebagai lem konstruksi di negara mereka.

Di lihat dari arsitekturnya, wisata Tanjung Pinang ini memadukan sentuhan Melayu, India, Arab, dan Turki. Masjid Agung Sultan Riau memiliki 4 menara dan 13 kubah. Di halaman masjid terdapat dua buah rumah sotoh yang dahulu di gunakan sebagai tempat belajar agama dan tempat istirahat para musafir. Ada juga dua aula untuk menunggu waktu sholat atau tempat berbuka puasa bersama selama bulan Ramadhan.

  1. Monumen Legenda Gonggong

Mendengar kata salak pasti sudah tidak asing lagi bagi warga Kepulauan Riau. Ya, gonggong adalah bekicot yang sering di gunakan masyarakat sekitar sebagai bumbu berbagai menu. Seperti namanya, wisata di Tanjung Pinang ini memiliki bentuk yang menyerupai siput. Lokasi ikon Tanjung Pinang berada di dekat Taman Ibu Laut. Kegiatan yang bisa di lakukan antara lain bersantai dan fotografi.

  1. Pantai Trikora

Saat berlibur di Tanjung Pinang, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Trikora untuk melihat keindahan pantai pasir putih dan samudra biru berpadu dengan tebing-tebing granit yang sangat besar. Menariknya, Jalur Pantai Trikora sangat panjang, mencapai 25 kilometer. Berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Tanjung Pinang, Pantai Trikora terbagi menjadi empat kawasan yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4. Di kawasan Pantai Trikora 1 dan Trikora 2 anda bisa bermain di tepi pantai. Sedangkan area Trikora 3 dan Trikora 4 merupakan area akomodasi, sehingga Anda perlu memesan kamar terlebih dahulu untuk menikmati keindahan pantai.

  1. Danau Biru Rusa

Wisata Tanjung Pinang ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Anda di hadapkan dengan pemandangan danau air biru di tengah bukit gurun pasir. Inilah tempat wisata Danau Rusa Biru. Berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Tanjung Pinang, Telaga Biru merupakan bekas galian lubang bekas tambang.

Anda dapat berfoto di tempat wisata di Tanjung Pinang ini karena terdapat beberapa spot foto. Seperti dek jembatan hingga spot foto berbentuk bingkai cinta. Namun hati-hati jika berlibur ke sini, pengunjung di larang mencelupkan kaki untuk berenang di area danau karena bisa tenggelam. Pasalnya, dasar danau hanya terdiri dari pasir dan lumpur.

  1. Gurun Busung

Setelah mengunjungi Danau Biru, jelajahi keindahan Gurun Busung yang berada di area yang sama. Sejauh mata memandang hanya terlihat gumuk pasir dan danau biru di tengahnya. Itu seperti Timur Tengah! Tempat wisata di Tanjung Pinang ini juga merupakan bekas area penambangan pasir bauksit yang mengeras seperti karang. Anda dapat menjelajahi area gumuk pasir seluas 6.000 hektar untuk mengambil foto.

  1. Bukit Panglong

Awalnya Bukit Panglong bukanlah tempat wisata yang sering di kunjungi banyak orang. Wisata Tanjung Pinang dulunya merupakan bukit yang menyimpan deposit batu granit. Dengan pengerukan yang terus menerus dari waktu ke waktu, gundukan ini telah menjadi kawah sedalam kurang lebih 50 meter. Kemudian kawah di isi dengan air dari sumber air tanah serta hujan.

Uniknya, air di bekas lubang tambang ini berwarna biru jernih, sehingga memperlihatkan keindahan tersendiri. Tak heran banyak wisatawan kini berburu untuk melihat keindahan Bukit Panglong dari jauh. Untuk mencapai tempat wisata di Tanjung Pinang ini, Anda bisa berkendara sekitar 21 kilometer dari pusat kota.

  1. Biara Ksitigarbha Bodhisattva VI

Tanjung Pinang juga terkenal dengan wisata candi atau 1.000 patung wajah. Keunikan ini dapat ditemukan di Vihara Bodhisattva Ksitigarbha. Dibuka pada tahun 2017, candi ini merupakan candi terbesar di Asia Tenggara setelah China. Harap dicatat bahwa jumlah patung tidak persis 1.000, tetapi sekitar 500 patung biksu dengan ekspresi wajah yang berbeda. Ada juga sekitar 40 patung dewa dalam agama Buddha yang bisa di temukan di wisata Tanjung Pinang ini.

  1. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Bagi yang menyukai wisata sejarah, kunjungi Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. Anda dapat melihat berbagai koleksi yang menceritakan kisah awal mula kota Tanjung Pinang. Mulai dari koleksi perhiasan atau asesoris, pakaian, senjata, peralatan rumah tangga, alat musik, koin, uang kertas, hingga naskah agama dan hukum. Anda juga bisa melihat altar Melayu di museum ini.

Pada masa penjajahan, Wisata Tanjung Pinang ini merupakan gedung pertama dari sekolah dasar Hollandsch-Inlandsche School. Kemudian, pada masa kemerdekaan, gedung ini masih berfungsi sebagai sekolah dasar dan akhirnya menjadi sekolah dasar. Pada tahun 2004, gedung ini menjadi Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah.

  1. Pura Pohon Beringin

Tanjung Pinang juga memiliki wisata pura yang unik yaitu Pura Pohon Beringin. Keunikan terdapat pada setiap bangunan yang ditumbuhi akar pohon. Akar ini merupakan akar dari pohon beringin besar yang tumbuh di sekitar candi. Terletak di Senggarang, kuil ini sudah ada sejak tahun 1811. Kuil ini dulunya adalah rumah dari kapten Cina Chiao Ch’en. Setelah ditinggalkan, masyarakat setempat menjadikan rumah ini sebagai tempat peribadatan bagi keturunan Tionghoa.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.