Wisata Jogja

5 Kegiatan Seru di Jogja Part 2

Posted by

Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya dibahas. Belum beres mengunjungi satu tempat, sudah bermunculan tempat baru lainnya. Apalagi di tengah demam film AADC 2 melanda, makin populer saja pamor kota Jogja.

1 Temple Hopping di Daerah Prambanan

Terlepas dari pamor Candi Prambanan yang mendunia, banyak situs sejarah lain di daerah sekitaran Prambanan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika kamu suka wisata sejarah, bisa dipastikan kamu bakal seharian temple hopping disana. Mulai dari melihat keunikan pada 2 candi induk kembar di Candi Plaosan, mengagumi kerumitan relief cerita binatang di Candi Sojiwan, hingga menyaksikan senja dramatis di reruntuhan Istana Ratu Boko. Kalau malas menyetir sendiri, kamu bisa naik shuttle bus gratis ke situs-situs tersebut yang berangkat setiap hari dari Candi Prambanan.

  • Lokasi : Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, DIY, atau 40 menit berkendara dari pusat kota Jogja. Bisa juga dicapai naik Bus Transjogja 1A dengan membayar 3500, turun di Halte Prambanan.
  • HTM Candi Prambanan : 30rb
  • HTM Ratu Boko : 25rb
  • HTM Candi Plaosan : 5rb
  • HTM Candi Sojiwan : 5rb

2 Hangout Asik di Abhayagiri Resto

Apa rasanya menikmati makan malam di pinggir tebing terjal dengan pemandangan langsung Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan Candi Sojiwan sekaligus. Penasaran? Datang saja ke Abhayagiri Restaurant, salah satu tempat makan hits di Jogja yang pamornya kini sedang naik daun. Pastikan sebelum kesana kamu sudah membuat reservasi terlebih dahulu karena tempatnya sering penuh dan juga agar kamu bisa memesan tempat duduk strategis dengan view terbaik.

  • Lokasi : Abhayagiri Restaurant terletak di Sumberwatu Heritage Resort, Sumberwatu, Prambanan, Sleman, DIY, atau 40 menit berkendara dari pusat kota Jogja.

3 Berekreasi di Taman Sari Water Castle

Dulunya Taman Sari Water Castle merupakan tempat rekreasi keluarga kerajaan. Untuk bersantai, berenang, dan bermeditasi. Di dalamnya juga termasuk beberapa ruangan dan lorong bawah tanah yang pernah dipakai sebagai benteng pertahanan. Tapi kini istana airnya terbuka untuk umum sehingga kamu juga bisa ikutan berekreasi layaknya raja-raja jaman dahulu.

  • Lokasi : Taman Sari Water Castle terletak di Patehan, Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • HTM : 5rb

4 Menikmati Pagi di Magunan dan Hutan Pinus Imogiri

Satu lagi spot asik untuk melihat sunrise sekaligus menikmati pagi. Kebun Buah Mangunan namanya. Dikenal juga sebagai negeri di atas awan, pemandangan disana benar-benar Indah. Dengan panorama lereng perbukitan hijau serta Sungai Oyo yang berkelok-kelok. Dan juga terdapat kawasan Hutan Pinus Imogiri tak jauh dari sana yang sayang untuk terlewat.

  • Lokasi : Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, atau sekitar 20km arah selatan pusat kota Jogja. Bisa dicapai dengan 1 jam berkendara.
  • Biaya retribusi : 5rb

5 Menginap di Green House Boutique Hotel

Kalau kamu fans berat film AADC-2 pasti tidak asing lagi dengan Green House Boutique Hotel Prawirotaman yang jadi the official venue film AADC-2. Hotel yang menggusung konsep eco-friendly ini memiliki banyak keunikan mulai dari roof top-nya yang disulap menjadi rumah kaca hidroponik, kolam renang instagramable, sampai beragam karya seni artistik yang dipajang di Café & Restonya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *