Wisata Jogja

5 Kegiatan Seru di Jogja Part 1

Posted by

Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya dibahas. Belum beres mengunjungi satu tempat, sudah bermunculan tempat baru lainnya. Apalagi di tengah demam film AADC 2 melanda, makin populer saja pamor kota Jogja.

Nah berikut ini daftar 10 kegiatan seru yang mesti kamu coba kalau sedang berwisata di daerah Jogja dan sekitarnya.

1 Menguji Nyali di Pantai Timang

Jika kamu suka tantangan maka kamu harus coba naik gondola di Pantai Timang. Tapi bukan sembarang gondola, yang ini berjalan di atas rel terbuat dari beberapa utas tali tambang. Pengoperasiannya juga masih secara manual, yakni ditarik oleh 6-7 orang bersamaan untuk setiap penyebrangan. Konon dibuat sedemikian rupa (bukan besi dan baja) agar tidak mudah rusak karena air laut gampang membuat besi keropos. Jangan khawatir masalah safety disana karena gondolanya cukup aman kok.

Lokasi : Pantai Timang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, atau sekitar 70 km arah tenggara dari pusat kota Jogja. Bisa dicapai dengan 2 jam berkendara.

Untuk naik gondola di Pantai Timang tarifnya 150rb

2 Cave Tubing di Goa Pindul

Menyusuri sungai dengan perahu itu hal biasa namun jika sungainya mengalir di dalam goa tentu menjadi satu hal tidak biasa. Dan hanya di Goa Pindul kamu bisa merasakan pengalaman unik ini. Cukup membayar 35rb kamu sudah bisa cave tubing menyusuri sungai bawah tanah sepanjang 350 meter, melewati zona terang, zona remang, dan zona gelap, sembari mengamati beragam ornamen stalakmit dan stalaktit di dinding atas dan dasar goanya.

Lokasi : Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, atau 40 km arah timur dari pusat kota Jogja. Bisa dicapai dengan 1.5 jam berkendara.

3 Melihat Nirvana Sunrise di Punthuk Setumbu

Usaha kamu bangun terlalu pagi tidak akan sia-sia ketika menyaksikan betapa ajaibnya moment matahari terbit berlangsung di Punthuk Setumbu. Dengan berlatarkan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu berselimut kabut tipis, serta siluet Candi Borobudur di kejauhan, inilah yang disebut-sebut sebagai Nirvana Sunrise, melihat peristiwa matahari terbit yang saking indahnya sampai berasa seperti di surga.

Lokasi : Punthuk Setumbu terletak di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM3 Kurahan, Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, atau 45 km arah barat laut dari pusat kota Jogja. Bisa dicapai dengan 1.5 jam berkendara.

HTM 15rb untuk turis lokal, 30rb untuk wisatawan asing

4 Menyikap Tabir di Candi Borobudur

Terang atau gelap, Candi Borobudur tidak pernah kehabisan pesona. Candi yang dibangun pada abad ke 9 ini merupakan candi Budha terbesar dan terdaftar sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site. Kalau ingin menikmati mystical sunrise dari Borobudur, kamu harus masuk lewat Hotel Manohara dengan membayar 270rb (turis domestik) atau 400rb (turis asing). Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, peminjaman lampu torch, dan snack ringan sehabis kunjungan. Tapi kalau kamu datang selewat pukul 8 pagi, kamu cukup masuk lewat pintu utama candi dengan membayar tiket masuk 30rb.

Lokasi : Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudu, Magelang, Jawa Tengah, atau 45 km arah barat laut dari pusat kota Jogja. Bisa dicapai dengan 1.5 jam berkendara.

5 Berwisata Seru di Kalibiru

Pingin punya foto-foto instagramable? Langsung aja datang ke Wisata Alam Kalibiru, Kulonprogo. Disana ada 3 pos foto dan 2 pos panggung yang bisa kamu pakai berfoto dengan background pemandangan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo di kejauhan. Tarifnya cukup murah, 10rb untuk setiap sesi pemotretan selama 5 menit. Jangan khawatir datang sendirian karena penjaga pos disana bisa membantu mengambilkan foto dan mereka juga sudah paham angle yang bagus.

Lokasi : Wisata Alam Kalibiru terletak di Hargowilis, Kulon Progo, DIY, atau 35 km arah barat pusat kota Jogja. Bisa dicapai dengan 1.5 jam berkendara.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.