3 Hari Wisata Hemat Paket Komplit ke Tanah Minang

Posted by

Bali? Bangka Belitung? Lombok? Raja Ampat? Yakin cuman itu aja tempat yang bagus di Indonesia? Belum berkunjung ke Tanah Minang ? Mungkin ketika kamu mendengar kata Minang, yang terbayangkan hanyalah keripik balado, Jam Gadang, atau bahkan Rumah Gadang saja. Padahal wisata di Tanah Minang bisa jadi wisata paket komplit loh. Kamu bisa mendapatkan wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata belanja sekaligus dalam waktu 3 hari saja dan biaya yang cukup terjangkau. Penasaran seperti apa serunya berwisata di Tanah Minang? Yuk ikuti perjalanan aku dan kedua temanku dalam 3 hari all in west sumatera. Let’s check it out!

Hari pertama: Berburu Kuliner di Kota Padang

Perjalanan kami di Tanah Minang berawal di siang hari. Kami pun langsung menuju Kota Padang sebagai tempat peristirahatan kami. Sejenak beristirahat, kami langsung mulai berburu kuliner di tempat pilihan pertama kami yaitu Lamun Ombak.

Lamun Ombak adalah rumah makan paling terkenal di Kota Padang. Penasaran dengan cita rasa makanan khas Sumatera Barat langsung dari asalnya, kami pun langsung ke sini. Ketika datang, kami langsung disambut dengan berbagai makanan seperti rendang, gulai ikan, dan udang saos balado. Suasana di Lamun Ombak sangat bersih dan nyaman, apalagi kami mendapat tempat lesehan, jadi makan pun menjadi lebih nikmat dan santai. Untuk berkunjung ke sini, kamu tak perlu repot karena rumah makan yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman 99 Padang ini mudah dicari melalui aplikasi seperti google maps. Harga yang ditawarkan juga tidak menguras kantong dengan harga mulai dari 5.000 per item, tergantung apakah makanan tersebut sayuran, daging, atau seafood. Secara keseluruhan, Lamun Ombak berhasil membuat saya yang tadinya tidak menyukai masakan padang, jadi sedikit menyukai masakan padang loh.

Kenyang dengan makanan padang, kami memutuskan untuk mengunjungi wisata bangunan yang ada di Padang. Wisata yang kami kunjungi adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid raya ini unik karena dibangun dengan mengadaptasi arsitektur khas padang. Letak masjid tidak jauh dari Lamun Ombak, yang masih berada di Jalan Khatib Sulaiman. Masjid ini sangat nyaman digunakan untuk beribadah sekaligus tempat yang baik buat kamu yang suka foto-foto.

Masjid Raya Sumatera Barat

Setelah bersantai-santai di masjid, kami memutuskan untuk lanjut menikmati kuliner kota Padang sebagai kudapan malam kami. Kali ini, pilihan jatuh pada makanan khas melayu di Malabar Bofet dan Restoran. Bagi yang pernah mendengar martabak mesir, roti cane, atau teh tarik, di sini lah surga bagi makanan dan minuman tersebut. Harganya juga cukup terjangkau, Martabak Mesir dapat diperoleh dengan harga Rp 22.000, Roti Cane Kuah Kari Rp 6.000, dan Teh Tarik Rp 10.000. Untuk martabak mesir sendiri, kamu bisa sharing berdua dengan teman kamu loh. Cukup murah kan? Namun demikian, restoran yang terletak di Jalan Thamrin No. 1 Padang ini cukup ramai dikunjungi oleh berbagai turis dan warga lokal, jadi siap-siap saja untuk mengantri demi makanan khas melayu yang yang satu ini ya.

Favoritku: Roti Cane dengan Kuah Kari

Sudah kenyang? Yakin? Sebelum menutup hari ini dengan beristirahat, kami memutuskan untuk mencoba satu kuliner terakhir. Pilihan kami jatuh pada Kopi Minang Solok. Kami mengunjungi café bergaya artsy yang digemari anak muda di Padang yaitu Rimbun Espresso & Brew Bar. Disini kami mencoba meminum kopi solok yang diolah langsung di tempat. Harga kopi solok ini hanya Rp 16.000 saja. Setelah mencoba, Kopi Solok ini ternyata rasanya pahit dan sangat kuat aromanya. Bagi kamu yang menyukai kopi, ini akan menjadi hidangan penutup terbaik di Kota Padang.

Hari kedua: Tiga tempat, Tiga Kota dalam Satu Hari.

Sejak pukul 6 pagi, saya dan teman saya mulai bergegas. Demi mengunjungi tiga kota sekaligus, kami menyewa mobil rental seharga Rp 350.000. Pilihan mobil rental tersebut merupakan yang paling murah dan praktis, karena perjalanan menggunakan travel cukup sulit dan terbilang mahal untuk mengunjungi ketiga kota. Perjalanan pertama hari ini dimulai dengan mengunjungi Puncak Lawang. Puncak Lawang adalah bukit yang terletak di Kabupaten Agam. Tempat ini terkenal sebagai tempat terbaik melihat sunrise di Sumatera Barat. Harga masuk sini pun cukup murah, cukup dengan Rp 5.000, kamu bisa langsung menikmati pemandangan sambil foto-foto ala jaman sekarang. Untuk mencapai puncak lawang, diperlukan perjalanan yang memang cukup jauh yaitu berkisar 3 jam dari Kota Padang. Namun percayalah, perjalanan tersebut terbayarkan oleh pemadangan indah Danau Maninjau yang dikelilingi bukit-bukit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *